Senin, 07 November 2011

Microsoft Access

OpenOffice.org (OOo) mampu membaca dan menulis dari berbagai macam database, asalkan mereka mendukung salah satu dari spesifikasi antarmuka standar seperti ODBC atau JDBC. Untungnya, Microsoft Access (MS-Access) mendukung ODBC. CARA-TO membawa Anda langkah demi langkah melalui proses menghubungkan OOo ke MS-Access menggunakan ODBC.
Proses ini memiliki tiga langkah sederhana:
  1. Buat Data Source ODBC untuk setiap database yang ingin Anda gunakan (Anda hanya perlu melakukan ini database sekali per)
  2. Buat Data Source ODBC dalam OpenOffice.org untuk setiap database (Anda hanya perlu melakukan ini sekali)
  3. Nikmati menggunakan MS-Access database Anda pada OOo!
Catatan: jika Anda tidak bisa membaca screenshot, klik di atasnya untuk membuka versi yang lebih besar di jendela browser baru

Membuat ODBC Data Source untuk database MS-Access

Dalam MS-Windows, pilih Start -> Settings -> Control Panel dan double-klik ikon Sumber Data ODBC
untuk menjalankan Administrator ODBC Sumber Data:

Klik pada tombol Add untuk menampilkan Buat Data Baru kotak dialog Sumber:


Pilih Access Driver Microsoft dan tekan tombol Finish. Ini akan menampilkan ODBC Microsoft Access kotak dialog Pengaturan:



Berikan sumber data baru nama (misalnya nama yang sama seperti MS-Access database Anda) dan deskripsi. Gunakan tombol Pilih untuk memilih MS-Access database file (*. dbf) dan tekan OK.
Anda sekarang harus melihat ODBC Data Source yang telah Anda buat terdaftar di Administrator ODBC Data Source:


Klik OK untuk menutup Administrator. Perhatikan bahwa setiap database yang ingin Anda gunakan pada OOo akan perlu memiliki sendiri ODBC Data Source didefinisikan di sini.

Membuat Data Source dalam OOo

Dari dalam aplikasi OOo, pilih Tools -> Data Sources ... Anda akan melihat bahwa OOo hadir dengan satu pra-instal disebut Data Source Bibliografi. Abaikan ini, dan tekan tombolSumber Data Baru


Pilih Jenis database ODBC, dan tekan tombol pilih [...] dan memilih Data Source ODBC Anda baru saja dibuat. Berikan nama, tekan tombol Apply, dan tekan OK untuk menutup alat Administrasi Sumber Data.

Menggunakan Data Source dalam OOo

Ada FAQ lain yang menggambarkan menggunakan fitur database dalam OOo. Namun, sebagai preview cepat, pilih View -> Data Sources (atau tekan F4). Anda sekarang siap untuk menggunakan MS-Access database Anda dalam aplikasi OOo:



Perhatikan Video Tutorial Microsoft Access ! ! !



Inilah akhir ringkasan materi penjelasan tentang microsoft access.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar